www.AlvinAdam.com

WARTA 24 SULAWESI UTARA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

"Manjo ka Manado...!"

Posted by On 00.09

"Manjo ka Manado...!"

KOMPAS.com - Sebagai orang Manado, saya sering diminta rekomendasi tempat, akomodasi dan things to do di Manado. Jawaban pertama saya silakan cek TripAdvisor dan Om Google, karena di situs-situs tersebut sudah begitu banyak informasi mengenai kota Nyiur Melambai ini.

Namun, tak jarang ada permintaan khusus akan informasi non-touristy. Maunya yang bukan ‘mainstream‘, plus lebih afdol jika informasi tersebut datangnya dari orang lokal, katanya. So, berikut adalah agenda pribadi saya saat mudik.

Baca juga : Cerita Wakil Wali Kota Manado tentang Kotanya Kebanjiran Turis China

Bagi Anda yang baru pertama kali ke ibu kota Sulawesi Utara ini, tempat-tempat wajib untuk dikunjungi adalah lokasi ikon kota yaitu monumen setinggi 50 meter yang dikenal warga Manado dengan nama "Patung Tuhan Yesus Memberkati", Jembatan Kuning Soekarno, dan Kema view-point atau Puncak Te tempangan Skyline.

Beberapa lokasi patut lainnya yang saya rekomendasikan yang terdapat dalam 11 ‘things-to-do' berikut ini.

MINAHASA SELATAN

Selain Manado, destinasi pilihan untuk dikunjungi adalah Tomohon. Kota yang menjadi lokasi shooting film "Senjakala di Manado" ini memang menjadi agenda populer highland tour yang ditawarkan oleh agen perjalanan.

Tak berlebihan karena beberapa situs wisata yang ditawarkan kota sejuk di Minahasa Selatan yang berjarak kurang dari sejam berkendara dari Manado ini, sangat menarik.

Sebut saja spot perhentian dalam perjalanan menuju Tomohon seperti Kali Waterfall, Lahendong Hotspring, Tomohon Market, Buddhist Temple, Gunung Mahau dan Gunung Lokon juga merupakan ciri khas "kota bunga" ini.

1. Taman Bunga

Gardenia Country Inn terletak di dataran tinggi kota Tomohon (800 meter di atas permukaan laut) dengan pemandangan Gunung Lokon serta udara yang seju k dan nyaman.

Di sini ada tiga properti yaitu penginapan, taman bunga dan restoran. Anda bisa mampir sarapan atau brunch sebelum meneruskan ekplorasi kota Tomohon.

Restoran yang menghadap Gunung Lokon ini dikelilingi oleh taman, kolam ikan, bunga-bunga tropis serta tanaman dengan burung yang unik juga kupu-kupu, membuat tempat ini sempurna untuk bersantai. It is a word-class botanical garden...

2. Danau Tiga Warna Linau

Selain Danau Tondano, danau kesukaan saya adalah Danau Linau. Danau yang bisa berubah tiga warna ini (tergantung cuaca) berlokasi di Kelurahan Lahendong ini berjarak tempuh sekitar 45 menit dari kota Manado.

Perubahan warna danau ini akibat endapan sulfur dan pantulan sinar matahari. Sebaiknya datang pada pagi hari saat awan belum menumpuk sehingga matahari masih leluasa bersinar.

Udara sejuk dan pemandangan elok ini dapat dinikmati dengan secangkir kopi atau teh seharga Rp 25.000 termasuk biaya masuk. Jangan lupa pesa n pisang goreng Goroho yang jadi menu andalan tempat ini.

3. Bukit Doa

Bukit Doa adalah destinasi wisata rohani bagi umat Katolik sekaligus sebagai kawasan konservasi dan rekreasi alam. Di sini Anda bisa melihat panorama kota Manado berlatar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen.

Di dalamnya berdiri Chapel of Mother Mary atau disebut Chapel Mahawu. Bangunan dengan arsitektur unik berpadu dengan pemandangan yang indah. Tempat ini kerap digunakan untuk perayaan ibadah dan resepsi pernikahan.

Bukit Doa juga dilengkapi Amphitheatre berdaya tampung 1.000 orang yang sering menjadi lokasi pertunjukan seni dan budaya.

4. Bukit Kasih

Bukit Kasih adalah salah satu tempat pariwisata yang terletak di Desa Kanonang, yang merupakan bukit belerang yang masih alami. Dengan semboyan "Torang Samua Basudara" (kita semua bersaudara), Bukit Kasih merupakan simbol toleransi dan keharmonisan antar uma t beragama di Sulawesi Utara, di mana semua pemeluk agama bisa berkumpul dan beribadah.

Di Bukit Kasih terdapat lima rumah ibadah yaitu Gereja Katolik, Gereja Kristen, Kuil Buddha, Masjid, dan Pura Hindu. Di puncaknya kita bisa melihat sebuah salib putih yang tingginya mencapai 53 meter yang dapat dilihat dari pantai Boulevard, Manado. Di tempat ini juga diyakini sebagai tempat tinggal asli nenek moyang Suku Minahasa, Toar dan Lumimuut.

5. Rumah Panggung di Desa Woloan

Bagi penggemar seni rancang bangunan atau suka utak-atik aplikasi homebyme seperti saya, Desa Woloan adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Desa ini terkenal dengan kerajinan rumah panggung kayu berkualitas baik untuk rumah pribadi pun cottage atau bungalow untuk pariwisata. Perajin desa Woloan telah menerima pesanan dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara di Eropa.

Uniknya, rumah kayu berkarakter desain Minahasa ini dibuat dengan sistem rakitan (knocked-down), jadi An da tak perlu repot soal pembangunan dan pengirimannya, karena rumah akan dikirim beserta perakitnya.

MINAHASA UTARA

6. Primata Terkecil Sedunia

Setelah Tomohon, kunjungan berikutnya adalah kota Bitung yaitu Cagar Alam Gunung Tangkoko Batu Angus, yang ditempuh dengan berkendara sekitar dua jam dari Manado.

Di sini Anda dapat melihat hewan langka yaitu Tarsius, primata terkecil di dunia (Tarsius tarsier) dan Burung Maleo yang bertelur dengan ukuran minimal dua kali telur ayam. Keduanya adalah hewan endemik Indonesia yang terancam punah.

7. Vitamin Sea

Setiap pulang Manado, saya pasti "melaut", walau sekadar mantai. Sebisanya saya hindari pantai yang ramai dikunjungi seperti Pantai Pulisan, Mahembang, Bentenan, Pal Beach dan lainnya.

Pantai yang paling berkesan bagi saya adalah Pantai Panjang dekat Batu Mandi dan Efrata Pulisan (diving points), selain Siladen Beach, pantai di ujung Pulau Lihaga dan tentunya private beach yang ada di resort atau vila. Sepi dan nyaman berbikini!

8. Pulau Nain

Bikini ditimpa wet suit, ayo diving! Ada tiga pulau besar lokasi menyelam di sekitar Manado, yaitu Bunaken (termasuk Pulau Siladen), Bangka dan Lembeh. Ada satu pulau yang jarang didatangi di sekitar ketiga pulau populer situs diving tadi, yaitu Pulau Nain.

Pulau Nain atau dalam bahasa Bajo (suku nelayan) disebut "Naeng" termasuk dalam wilayah Kecamatan Wori di wilayah Minahasa Utara.

Terletak di kawasan Taman Nasional Bunaken, Pulau Nain dapat ditempuh dengan speedboat sekitar sejam dari Manado. Disini terdapat pasir timbul atau atol yang mengalami pasang surut dua kali selama 24jam. Yuks ke sini, tak kalah indah dengan Maldives!

9. Kuliner

Wisata kuliner di Manado adalah sesuatu yang tak bakal saya lewatkan. Daftar menu wajib adalah bubur manado (tinutuan), nasi kuning, ikan laut woku, ikan mas bakar rica, mi Cakalang Mutiara dan panganan tradisional Manado.

Selain balapis, panada, koyabu, kue ketan, kopi kopi, popaco dan biapong, kue basah favorit saya adalah "ongol ongol bigfish". Kudapan terenak sedunia ini terbuat dari gula merah dibalur kelapa muda dengan tekstur kenyal (berbeda dengan onde-onde), camilan yang sangat pas dinikmati sambil sunset-an dengan pemandangan kota Manado berlatar belakang lautan.

10. Ngopi

Kebanyakan kedai kopi di Manado yang berlokasi di mal atau kafe lebih menjual konsep ‘ngopi cantik’ dengan kualitas kopi seadanya. Bagi penikmat kopi yang punya hobi coffee hunting silakan mengunjungi ketiga kedai kopi berikut ini:

Black Cup Coffee House â€" Coffee house sekaligus roaster ini menawarkan pilihan kopi single origin dari hampir seluruh Indonesia, termasuk biji kopi lokal andalannya yaitu koya beans yang disajikan dengan beberapa variasi manual-brew seperti V60, drip dan ae ropress.


Baba Budan â€" Kedai kopi yang nyelip di antara pasar di Jalan Roda ini juga menyediakan SO dengan V60 dan aeropress.

Mobile Coffee Van Omen â€" kedai kopi mobil kijang biru yang sering nongkrong di parkiran Megamas ini buka setiap hari mulai jam 4 hingga tengah malam.

11. Penginapan

Saya memilih penginapan berdasarkan area dan keunikan hotel, termasuk layanan serta sentuhan lokal kota untuk dapat merasakan pengalaman yang berbeda. Ada tiga pilihan area yang menjadi tempat terbaik untuk penginapan.

Pertama adalah daerah pusat kota Manado. Pilihan terbaik penginapan adalah Aryaduta dan Big Fish Hotel. Keduanya memiliki akses lokasi kota dan pemandangan laut, juga memudahkan Anda untuk berwisata kedaerah Minahasa, termasuk Tomohon.

Daerah kedua adalah Molas dengan akses terbaik untuk penyelaman kepulau-pulau sekitar dan titik selamnya. Thalassa Dive Resort menjadi pilihan terbaik untuk situs penyelaman di pulau Bu naken dan sekitarnya.

Daerah terakhir yang menjadi pilihan saya adalah Likupang. Tempat terbaik untuk rehat total karena jauh dari hiruk-pikuk kota dengan akses pantai yang masih sepi dari wisatawan. Di sini, akomodasi pilihan saya adalah Casabaio Paradise Resort.


Tips Berwisata ke Manado

1. Saya lebih memilih naik pesawat langsung dari Jakarta (kurang-lebih 3 jam) maupun Bali (sekitar 2 jam). Dibanding transit via Makassar, waktu tempuh menjadi 5 jam in-total.

2. Saya suka penerbangan di pagi hari karena suguhan pemandangan laut dan ribuan pohon kelapa menjadi salah satu pemandangan kesukaan saya saat mendarat. Sayangnya, sekarang Garuda dari Bali hanya terbang di malam hari.

3. Untuk yang suka menyelam dan snorkeling, saya rekomendasikan waktu untuk mengunjungi Manado di akhir bulan Mei atau awal Juni. Air laut sejernih kristal, tanpa ombak seperti di kolam renang!

4. Biasanya saya menghindari pulkam jelang Paskah dan Nata l. Kenapa? Karena banyak restoran tutup di Manado, juga terlalu berisik dengan petasan malam tahun baru.

5. Say No! Hiraukan petualangan makanan ekstrem seperti tikus dan kucing hutan, apalagi daging anjing. Saya anti makanan tersebut. ( NOVA DIEN)


Berita Terkait

Nama Kota Terpanjang Sedunia Disandang Bangkok!

Berkah Badai di Maladewa...

Mantehage, Destinasi Ekowisata di Dekat Manado

10 Kuliner Halal yang Wajib Dicicipi di Manado

Terkini Lainnya

Catat! Inilah Rute Pawai Tatung Cap Go Meh di Kota Singkawang

Catat! Inilah Rute Pawai Tatung Cap Go Meh di Kota Singkawang

News 27/02/2018, 14:33 WIB Ini Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Ini Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta

News 27/02/2018, 13:22 WIB Muri Segera Catatkan Rekor Baru Cap Go Meh di Singkawang, Apa Saja?

Muri Segera Catatkan Rekor Baru Cap Go Meh di Singkawang, Apa Saja?

News 27/02/2018, 10:48 WIB 'Manjo ka Manado...!'

"Manjo ka Manado...!"

Travel Story 27/02/2018, 09:55 WIB Hotel Terbaru Dekat Bandara Kualanamu

Hotel Terbaru Dekat Bandara Kualanamu

Hotel Story 27/02/2018, 08:00 WIB Inilah Onde-onde Ikan Nila, Kreasi Warga Sleman

Inilah Onde-onde Ikan Nila, Kreasi Warga Sleman

Food Story 27/02/2018, 06:41 WIB Mengapa Merokok di dalam Pesawat Itu Dilarang?

Mengapa Merokok di dalam Pesawat Itu Dila rang?

News 26/02/2018, 22:15 WIB Restoran di Karawang Ini Punya Lebih Dari Seratus Hidangan Jepang

Restoran di Karawang Ini Punya Lebih Dari Seratus Hidangan Jepang

Food Story 26/02/2018, 21:20 WIB Toko Eksklusif Cardcaptor Sakura Hadir di Kiddy Land Harajuku

Toko Eksklusif Cardcaptor Sakura Hadir di Kiddy Land Harajuku

Jepang Terkini 26/02/2018, 21:09 WIB 'Perokok di Apron Seharusnya Dilarang Naik Pesawat Selama Setahun'

"Perokok di Apron Seharusnya Dilarang Naik Pesawat Selama Setahun"

News 26/02/2018, 20:15 WIB Pengamat: Penumpang Harus Patuhi Peraturan Keselamatan Penerbangan

Pengamat: Penumpang Harus Patuhi Peraturan Keselamatan Penerbangan

News 26/02/2018, 19:30 WIB 'Penumpang Dilarang Merokok di Apron Bandara, Bisa Memicu Kebakaran'

"Penumpang Dilarang Merokok di Apron Bandara, Bisa Memicu Kebakaran"

News 26/02/2018, 18:26 WIB Siap-siap Berkunjung! Ada Stone Garden di Gunungkidul

Siap-siap Berkunjung! Ada Stone Garden di Gunungkidul

News 26/02/20 18, 15:56 WIB Pontianak Pecahkan Rekor Muri Masak Ikan Asam Pedas

Pontianak Pecahkan Rekor Muri Masak Ikan Asam Pedas

Food Story 26/02/2018, 14:45 WIB Sumatera hingga Sulawesi, Hotel-hotel Terbaru dari Tauzia

Sumatera hingga Sulawesi, Hotel-hotel Terbaru dari Tauzia

Hotel Story 26/02/2018, 13:53 WIB Load MoreSumber: Google News | Warta 24 Minahasa Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »